Selasa, 15 Januari 2013

KEWIRAUSAHAAN



 PEMBUATAN RENCANA USAHA (BUSINESS PLAN) (KELAS XII)

A.    UMUM
            1.     APA PRODUK KITA
Jenis produk / jasa yang ingin dibuat / dijual keistimewaannya secara umum dan khusus
2.      DIMANA DAN MENGAPA MEMILIH LOKASI USAHA
-          Peta tempat usaha
-          Alasan pribadi dan ekonomi memilih lokasi tersebut

B.     RENCANA PEMASARAN
1.      SIAPA YANG AKAN MENJADI PELANGGAN DAN DARIMANA MEREKA
Pedagang besar, pengecer, perorangan, rumah tangga, sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah dsb.
2.      BAGAIMANA SAYA DAPAT MENJELASKAN SETIAP PELANGGAN
Jelaskan kelompok pelanggan yang berbeda untuk setiap produk, karakteristik dari anggota-anggota setiap kelompok secara umum, dan siapa saja yang ingin dan mampu membeli produk tersebut.

3.    BERAPA UNIT YANG AKAN DIBELI OLEH PELANGGAN DALAM SETAHUN
-    Menetapkan kelompok pelanggan untuk masing-masing produk
-    Perkirakan jumlah mereka
-    Perkirakan berapa sering mereka membeli
-    Perkirakan berapa banyak yang mereka beli dalam satu tahun
4.  SIAPA YANG AKAN MENJADI PESAING DAN BERAPA UNIT PRODUK YANG DAPAT MEREKA JUAL DALAM SETAHUN
Tentukan para pesaing untuk setiap produk dan perkirakan berapa unit yang mereka dapat jual dalam setahun
5.      BERAPA UNIT PRODUK MAKSIMAL YANG MUNGKIN DAPAT DIJUAL
Berdasarkan peluang dan pesaing, perkirakan berapa banyak masing-masing produk yang dapat dijual
6.      BAGAIMANA MEMPROMOSIKAN PRODUK YANG ADA
Jelaskan berapa cara mempromosikan produk dan pesan yang tepat untuk calon pelanggan
7.      BAGAIMANA PERKEMBANGAN PERMINTAAN ATAS PRODUK DI PASAR
-    Perkembangan populasi di wilayah pasar
-    Perkembangan jumlah pelanggan
-    Perkembangan keinginan dan kemampuan membeli
8. BERAPA BANYAK PRODUK YANG AKAN DIBUAT DAN DIJUAL PADA TAHUN PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA
Buatlah perkiraan jumlah unit utama yang akan dibuat dalam jangka tiga tahun pertama operasi usaha
9. KUALITAS PRODUK YANG BAGAIMANA YANG DIINGINKAN PELANGGAN
-    Bentuk (appearance) : keenakannya dipandang mata
-    Penampilan (performance) : punya arti tersendiri
-    Keawetan (durability) : tahan lama
-    Keamanan (safety) : tidak mencelakakan
-    Kenyamanan (comfort) : enak dirasakan
-    Ekonomis (economy) : dihubungkan dengan harga 

           10.  BAGAIMANA KUALITAS YANG DITAWARKAN
Perhatikan keunggulan dan kelemahan produk pesaing     
11.   BERAPA HARGA JUAL YANG DITENTUKAN

-          Biaya plus tingkat keuntungan tertentu
-          Memperhatikan harga pesaing
-          Harga promosi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara (KHD) Menurut KHD ada 3 prinsip untuk melakukan perubahan atau sering disebut 3 asas Trikon...