Selasa, 16 Oktober 2012

KEWIRAUSAHAAN (VISI & MISI)

KEWIRAUSAHAAN (KELAS XI)
PERTEMUAN II



Visi
Visi merupakan imajinasi seseorang tentang usahanya di masa yang akan datang. Visi membahas tentang :
1)   Wawasan yang menjadi tolak ukur arah pertumbuhan usaha
2)   Bentuk usaha dimasa mendatang

3)   Cita – cita yang ingin dicapai oleh organisasi/perusahaan
4)   Arah dan strategi bisnis yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha
Misi
Misi adalah usaha, pemikiran, dan langkah-langkah formal untuk mewujudkan sebuah visi. Misi selalu mmengandung hal – hal sebagai berikut :
1)   Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisiasi/usaha
2)   Tindakan dan langkah yang harus dilakukan
3)   Alasan mengapa bisnis harus berkembang
4)   Cara mewujudkan tujuan
Tujuan
Tujuan adalah penjabaran visi dan misi, merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi/perusahaan. Penentuan tujuan organisasi/perusahaan harus dibuat sedetail mungkin, realistis/dapat dilakukan, fleksibel, jelas perumusannya, terukur kemajuannya, dan dapat  dirancang untuk jangka pemdek, menengah, maupun jangka panjang.
          Dalam mennentukan tujuan, haruslah bersifat SMART, yaitu spesific (khusus), measurable (bisa diukur), action-oriented (memiliki orientasti pada tindakan), realistic(realistis), dan timely (tepat waktu).
          Alasan seseorang memulai usaha :
1)   Untuk meningkatkan pendapatan
2)   Untuk membuat perbedaan dan berkontribusi kepada masyarakat
3)   Untuk menggali potensi dengan melakukan sesuatu yang disukai
4)   Untuk menggunakan sumber daya yang tersedia ( seperti tenaga kerja, lahan, dan uang) secara efisien.
 Sasaran
Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan, yaitu apa yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi/perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran usaha harus spesifik, terukur, jelas kriterianya, memiliki indikator yang rinci sehingga tercapai secara efektif dan efisien.

1 komentar: