PERTEMUAN II
Visi
Visi merupakan
imajinasi seseorang tentang usahanya di masa yang akan datang. Visi membahas
tentang :
1)
Wawasan yang menjadi tolak ukur
arah pertumbuhan usaha
2)
Bentuk usaha dimasa mendatang
3)
Cita – cita yang ingin dicapai
oleh organisasi/perusahaan
4)
Arah dan strategi bisnis yang
harus dilakukan untuk mengembangkan usaha
Misi
Misi adalah
usaha, pemikiran, dan langkah-langkah formal untuk mewujudkan sebuah visi. Misi
selalu mmengandung hal – hal sebagai berikut :
1)
Tujuan dan alasan keberadaan
suatu organisiasi/usaha
2)
Tindakan dan langkah yang harus
dilakukan
3)
Alasan mengapa bisnis harus
berkembang
4)
Cara mewujudkan tujuan
Tujuan
Tujuan adalah
penjabaran visi dan misi, merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh
organisasi/perusahaan. Penentuan tujuan organisasi/perusahaan harus dibuat
sedetail mungkin, realistis/dapat dilakukan, fleksibel, jelas perumusannya,
terukur kemajuannya, dan dapat dirancang
untuk jangka pemdek, menengah, maupun jangka panjang.
Dalam mennentukan tujuan, haruslah
bersifat SMART, yaitu spesific (khusus), measurable (bisa diukur),
action-oriented (memiliki orientasti pada tindakan), realistic(realistis),
dan timely (tepat waktu).
Alasan seseorang memulai usaha :
1)
Untuk meningkatkan pendapatan
2)
Untuk membuat perbedaan dan
berkontribusi kepada masyarakat
3)
Untuk menggali potensi dengan
melakukan sesuatu yang disukai
4)
Untuk menggunakan sumber daya
yang tersedia ( seperti tenaga kerja, lahan, dan uang) secara efisien.
Sasaran
Sasaran merupakan
penjabaran dari tujuan, yaitu apa yang akan dicapai atau dihasilkan oleh
organisasi/perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran usaha harus
spesifik, terukur, jelas kriterianya, memiliki indikator yang rinci sehingga tercapai
secara efektif dan efisien.
thanks bngt ya, q jd bisa ngrjain tgas sklh
BalasHapus