Jumat, 12 Oktober 2012

PELUANG USAHA (2)


PERTEMUAN 2 ( KELAS XI)

 B. Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha

1.    Faktor-faktor keberhasilan peluang usaha
·         Memenuhi cirri-ciri peluang usaha yang baik
·         Berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan
·         Memiliki tingkat resiko kegagalan yang kecil bila dijalankan
·         Produk yang dihasilkan dari peluang telah melalui uji pasar
·         Produk yang akan dihasilkan   dari peluang tersebut mengikuti tren perubahan pasar
·         Produk yang akan dihasilkan dari peluang dapat terus-menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya

2.         Faktor-faktor kegagalan peluang usaha
·         Bersifat jangka pendek
·         Kadaluarsa
·         Lewat begitu saja karena tidak segera diambil keputusan untuk memulainya
·         Tidak berasal dari dari hubungan hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan
·         Produk yang akan dihasilkan  dari peluang tersebut tidak melalui uji pasar yang akurat 

 C. Sumber Peluang Usaha dan Cara Mengembangkannya
Peluang atau kesempatan bisa bersumber dari berbagai macam hal, yaitu :
1.         Peluang dari diri sendiri
·         Hobi
·         Keahlian
·         Pengetahuan dan latar belakang pendidikan
2.         Peluang dari lingkungan
·         Usaha atau bisnis orang tua
·         Lingkungan rumah
·         Kebiasaan anda ketika berangkat dan pulang sekolah
·         Saat anda berkunjung ke berbagai tempat
3.         Peluang dari perubahan yang terjadi
·         Perubahan global
·         Perubahan lingkungan
·         Perubahan peraturan pemerintah
·         Perubahan musim
·         Perubahan gaya hidup
·         Perubahan tingkat kebutuhan
·         Perubahan tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi (berat)
·         Perubahan TI dan komunikasi
·         Perubahan jumlah laju pertumbuhan kendaraan
4.         Peluang dari konsumen
·       Keluhan dari konsumen
·       Saran dari konsumen
·       Permintaan khusus calon konsumen dan konsumen
·       Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk atau jasa tertentu
·       Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa anda
5.         Peluang dari gagasan orang lain
6.         Peluang dari informasi yang diperoleh

D.   Memetakan Peluang Usaha
·         Tentukan dari mana anda mulai menemukan sebuah sumber peluang
·         Temukan sektor yang tepat untuk anda masuki
·         Berdayakan kekuatan produk anda agar memiliki nilai jual
·         Evaluasi dan berdayakan peluang anda menjadi produk
 
E.   Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
Peluang usaha harus diberdayakan menjadi peluang emas demgan cara kreatif dan inovatif dengan melakukan cara – cara sebagai berikut :
·         Make modification ( melakukan beberapa perubahan)
·         Make it better (membuat yang lebih baik)
·         Make it the first (menjadi yang pertama)
·         Make it special produk (membuat produk khusus)
·         Clonning (meniru habis tetapi merk berbeda)
·         Subtitute ( menjadi produk pengganti )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara (KHD) Menurut KHD ada 3 prinsip untuk melakukan perubahan atau sering disebut 3 asas Trikon...