Senin, 10 September 2012

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal


 ( Cirebon, 3-4 September 2012)

Tumbuhnya Istilah Cirebon

      Menurut Kitab Carita Purwaka Caruban Nagari, yang disusun oleh  Pangeran Arya Carbon, pada tahun 1720 Masehi, istilah Cirebon, berasal dari Caruban kemudian Carbon dan akhirnya Cirebon.
            Caruban berarti campuran, karena tempat itu menurut kitab Carita Purwaka Caruban Nagari didiami oleh penduduk dari berbagai bangsa juga agama. Bahasa dan tulisan mereka menurut bawaannya masing – masing begitu pula pekerjaan mereka.
                 Cirebon oleh penduduk disebut “Negeri Gede”, lama kelamaan diucapkan oleh orang kebanyakan “Garage” dan selanjutnya “Grage”.
                  Istilah Cirebon secara kirata-basa (volksetymology) berasal dari Cirebon : Ci, bahasa sunda artinya air dan rebon sejenis udang kecil yang merupakan bahan untuk membuat terasi.
                  Hal tersebut dihubungkan dengan kenyataan bahwa cirebon dari dahulu hingga kini merupakan penghasil udang dan terasi yang melimpah dan berkualitas baik untuk dieksport. Ada juga menurut orang tua ( sesepuh) yang memberi keterangan bahwa kata grage itu berasal dari glagi yaitu nama udang kering sebagai bahan terasi.
                    Oleh para wali carbon disebut puser jagat ialah negara yang terletak ditengah – tengah pulau jawa.

1 komentar:

  1. visit back pa di blog saya :D >> raditya-kaizhen.blogspot.com

    Adit X RPL 2

    BalasHapus

JARINGAN DASAR KOMPUTER 4

 IP ADDRESS q   Aturan Dasar Pemilihan network ID dan host ID Berikut adalah aturan-aturan dasar dalam menentukan network ID dan host...