Selasa, 29 September 2015

ALAT INPUT ( INPUT DEVICE)



Input device (alat masukkan) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan  data atau perintah ke dalam komputer.

Unit input adalah bagian dari sistem komputer yang digunakan untuk menerima data. Input data dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer signal input adalah data yang dimasukan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.

Berdasarkan cara pemrosesan data, unit masukkan terbagi menjadi alat input langsung dan alat input tidak langsung.   
       >  Alat input langsung berfungsi memasukkan data ke dalam sistem komputer dan langsung diproses secara langsung oleh CPU (Central Processing Unit)  tanpa terlebih dahulu dimasukkan kemedia penyimpanan eksternal sehingga memungkinkan interaksi antara pemakai dengan sistem komputer. Contoh :
a.      Keyboard
b.      Pointing device ( mouse, touch screen, light pen, Digitizer graphics table)
c.       Scanner
d.      Sensor
e.       Voice recognizer (microphone) 

       >  Alat input tidak langsung berfungsi untuk memasukkan data, tetapi data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU melainkan direkam terlebih dahulu kesuatu media machine readable from ( bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory). Contoh :
a.       Key-to-card/ keypunch
b.      Key-to-tape
c.       Key-to-disk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JARINGAN DASAR KOMPUTER 4

 IP ADDRESS q   Aturan Dasar Pemilihan network ID dan host ID Berikut adalah aturan-aturan dasar dalam menentukan network ID dan host...